-->

Berbagi Artikel dan Ilmu Pengetahuan

Terjemah Hadits Ke Empat Puluh (Hadits Arbain NAwawi)

loading...
HADITS KE EMPAT PULUH (HADITs ARBAIN NAWAWI)

Terjemah Hadits Ke Empat Puluh (Hadits Arbain NAwawi)

Terjemah hadits:

Dari  Ibnu  Umar  radhiallahuanhuma  berkata: Rasulullah  shallallahu   'alaihi  wa  sallam   memegang kedua pundak saya seraya bersabda: "Hiduplah engkau di dunia  seakan-akan  orang asing  atau pengembara", Ibnu  Umar berkata:  "Jika  kamu berada di  sore hari jangan tunggu pagi hari, dan jika kamu berada di  pagi hari     jangan     tunggu     sore     hari,     gunakanlah kesehatanmu  untuk  (persiapan   saat)   sakitmu  dan kehidupanmu untuk kematianmu." (Riwayat Bukhari).


Kandungan hadits:

1. Bersegera    mengerjakan    pekerjaan     baik    dan memperbanyak ketaatan,  tidak lalai dan menunda- nunda karena dia tidak tahu kapan datang ajalnya.

2. Menggunakan berbagai kesempatan dan momentum sebelum hilangnya berlalu.

3. Zuhud di  dunia berarti tidak bergantung kepadanya hingga  mengabaikan  ibadah  kepada  Allah   ta’ala untuk kehidupan akhirat.

4. Hati-hati dan khawatir terhadap azab Allah adalah sikap  seorang  musafir  yang  bersungguh-sungguh dan hati –hati agar tidak tersesat.

5. Waspada  dari   teman   yang  buruk   hingga  tidak terhalang dari tujuannya.

6. Pekerjaan dunia dituntut  untuk  menjaga jiwa dan mendatangkan   manfaat,   seorang   muslim hendaknya menggunakan semua itu untuk  tujuan akhirat.

7. Bersungguh-sungguh       menjaga      waktu      dan mempersiapkan diri untuk kematian dan bersegera bertaubat dan beramal shaleh.

8. Rasulullah memegang kedua pundak  Abdullah  bin Umar, adalah  agar  dia  memperhatikan  apa  yang akan   beliau   sampaikan.   Menunjukkan    bahwa seorang pelajar harus  diajarkan tentang perhatian gurunya kepadanya dan kesungguhannya untuk menyampaikan   ilmu  ke    dalam   jiwanya.  Hal  ini dapat  menyebabkan masuknya  ilmu, sebagaimana hal itu juga menunjukkan kecintaan Rasulullah kepada  Abdullah  bin    Umar,  karena  hal  tersebut pada  umumnya  dilakukan  oleh seseorang  kepada siapa yang dicintainya.
loading...
Labels: Arbain Nawawi

Thanks for reading Terjemah Hadits Ke Empat Puluh (Hadits Arbain NAwawi). Please share...!

Back To Top